Senin, 07 November 2016

TUGAS SOFTSKILL PERIODE KE 2 - PENGANTAR TELEMATIKA



 soal

1    Sebutkan dan analisa 5 contoh soasial media, fitur unggulan, dan aktifitas terbanyak yang dapat dilakukan dengan sosial media tersebut.
2       Jelaskan masing-masing komunitas apa saja yang terbentuk melalui sosial media tersebut beserta aktifitas yang dilakukan sosial media tersebut.
3       Jelaskan dampak positif dan negatif yang terjadi
4       Kumpulan berbagai ilustrasi yang populer dipublikasikan.

1.1.   Facebook.com

 Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook,Inc. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew Mccollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.
Ø  Fitur pada Facebook
a.       Wall : adalah ruang di setiap halaman profil pengguna yang memungkinkan teman-teman mengirimkan pesan ke pengguna agar dibaca sekaligus menampilkan waktu dan tanggal pesan ditulis.
b.       Status Update : Facebook memiliki fitur bernama “status update” yang memungkinkan pengguna mengirimkan pesan ke semua teman mereka agar dapat dibaca.
c.       Photo Tagging : yang membuat kita dapat mengetahui nama-nama dari orang-orang yang ada di sebuah foto.
d.      Chat : pengguna facebook dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya melalui fitur chat.
e.      Games : sebagian besar games tersebut memungkinkan kita dapat berinteraksi dengan teman-teman kita di Facebook di dalam games tersebut. Banyaknya games juga didukung oleh diperbolehkannya setiap orang untuk membuat aplikasi Facebook sendiri.
f.        Notification : memberikan notifikasi kepada pengguna mengenai update-update terbaru yang berkaitan dengan akun facebook-nya.
g.       Friend Request : seorang pengguna dapat meminta kepada pengguna lainnya untuk ditambahkan ke dalam daftar teman facebook-nya dengan mengirimkan friend request, dan hal tersebut dapat diterima maupun ditolak.

Ø  Dampak Positif Facebook
a.       Mempererat Hubungan Silaturahmi
b.      Sebagai Media Promosi
c.       Tempat Sarana Diskusi
d.      Tempat Penyimpanan Data Pribadi
e.      Berbagi Informasi

Ø  Dampak Negatif Facebook
a.       Mengganggu Pekerjaan
b.      Interaksi Sosial Berkurang
c.       Dapat Menimbulkan Kesalah pahaman Antar Pengguna Facebook
d.      Penipuan
e.      Pencurian Identitas
f.        Provokasi

Ø  Komunitas pada Facebook

Pada sosmed facebook ini terdapat banyak komunitas yang telah terbentuk contohnya seperti Komunitas FIGMANIA. Group ini terbuka untuk umum dan siapa saja dapat bergabung untuk belajar dan sharing mengenai Action Figure, Group ini sendiri sudah menjalani sebuah aktivitas acara yaitu mengadakan Gathring / Kopi darat yang di adakan secara rutin setiap Event Toys fair.

Gambar Facebook 1.1

1.2.       Kaskus

Kaskus merupakan singkatan dari kasak kusuk ini, merupakan situs suatu forum atau komuniti dengan anggota terbanyak di Indonesia, dibandingkan dengan situs-situs lain. Pengguna kaskus itu bisa disebut juga kaskuser. Kaskus lahir pada tanggal 6 November1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 4,5 juta pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.
Ø  Fitur pada Kaskus

a.        KasPay
KasPay adalah sistem pembayaran online yang dikelola oleh PT DARTA MEDIA INDONESIA.         Prinsip kerja KasPay seperti e-wallet, dimana Pengguna terlebih dulu diminta melakukan Top Up       realtime atau transfer ke virtual account, kemudian dana dapat digunakan untuk bertransaksi di           situs KASKUS dan situs-situs Merchant yang telah bekerja sama dengan KasPay.

b.      e-Pulsa
e-pulsa adalah sebuah layanan dari Kaskus yang menyediakan fasilitas pengisian pulsa dan jika          kita mau membeli, kita harus membayar menggunakan KasPay. Semua layanan operator didukung      di Kaskus e-pulsa.

c.       Kaskus Ads
Kaskus Ads atau KAD adalah sebuah situs di mana jika kita mau beriklan di Kaskus, kita bisa             menempatkan iklan tersebut, tetapi kita harus membayar Kaskus. Dengan layanan Kaskus Ads           banyak sekali orang atau pengguna kaskus yang senang beriklan di Kaskus karena biayanya                 murah dan karena Kaskus mempunyai (sekarang) lebih dari tiga juta pengguna.

d.      Kaskus Radio
Kaskus Radio merupakan sebuah Radio Internet Indonesia di bawah naungan komunitas                     Kaskus. Kaskus radio yang biasa disingkat KR memiliki lebih dari dua puluh penyiar. Radio yang      memutarkan lagu selama 24 jam ini memutarkan lagu dari berbagai bahasa, seperti bahasa Inggris,       Mandarin, Jepang, Korea, dan masih banyak lagi.

e.      Kaskus Mobile
Kaskus mobile adalah situs Kaskus yang sudah diubah tampilannya menjadi minimalis sehingga         sesuai dengan layar perangkat telepon genggam. Alamat Kaskus mobile adalah m.kaskus.co.id          atau kask.us. Fitur di versi ini bersifat terbatas.

Ø  Dampak positif Kaskus
a.       Bebas menyampaikan pendapat : tentu semua orang dalam forum dapat menyampaikan pendapatnya sendiri baik itu berupa saran, komentar, pujian, dan perselisihan, cekcok sesama forumer dan lain lain, namanya saja kan forum tidak jauh dari hal tersebut.

b.      Mempunyai jaringan yang luas : maka dari sosialisasi tersebut antara forumer satu dan forumer lain akan terciptalah komunikasi antara keduanya dan itu menjadi awal untuk sebuah jaringan pertemanan.

c.       Dapat menambah wawasan : tentu dengan saling berbagi tersebut kita semakin menambah wawasan mengenai suatu hal yang tidak terlalu kita ketahui karena threadnya semakin up to date.


Ø  Dampak Negatif Kaskus
a.       Jadi ketagihan: Dengan forum kita dibuat ketagihan.

b.      Terjadi pertikaian: bersiaplah saat membuat sebuah thread atau post disebuah thread bakal di komentari oleh forumer lain karena itulah gunanya forum saling menjatuhkan dan saling membenarkan pendapat sendiri dengan sekuat tenaga.

c.       Pemicu penipuan: untuk yang ini mungkin semua media internet , dan yang dapat melindungi kita hanyalah diri kita sendiri dari penipuan tersebut, terutama dalam aktifitas jual beli. Jadi seperti pepatah harus teliti sebelum membeli.

d.      Siap bertanggung jawab: didalam forum bila kita memposting sebuah thread kita diharuskan untuk berhati-hati dalam berkata karena jika tidak kita siap menerima sangsinya.

Ø  Komunitas pada Kaskus
Ø  Kumpulan berbagai ilustrasi yang populer dipublikasikan