soal
1 Sebutkan
dan analisa 5 contoh soasial media, fitur unggulan, dan aktifitas terbanyak
yang dapat dilakukan dengan sosial media tersebut.
2 Jelaskan
masing-masing komunitas apa saja yang terbentuk melalui sosial media tersebut
beserta aktifitas yang dilakukan sosial media tersebut.
3 Jelaskan
dampak positif dan negatif yang terjadi
4 Kumpulan
berbagai ilustrasi yang populer dipublikasikan.
1.1. Facebook.com
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial
yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh
Facebook,Inc. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya
dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew Mccollum,
Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas
untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston,
Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri
kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah
menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.
Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak
di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah
10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.
Ø
Fitur pada Facebook
a.
Wall : adalah ruang di setiap halaman profil
pengguna yang memungkinkan teman-teman mengirimkan pesan ke pengguna agar
dibaca sekaligus menampilkan waktu dan tanggal pesan ditulis.
b.
Status
Update : Facebook memiliki fitur bernama “status update” yang memungkinkan
pengguna mengirimkan pesan ke semua teman mereka agar dapat dibaca.
c.
Photo Tagging : yang membuat kita dapat
mengetahui nama-nama dari orang-orang yang ada di sebuah foto.
d.
Chat : pengguna facebook dapat berkomunikasi
dengan pengguna lainnya melalui fitur chat.
e.
Games : sebagian besar games tersebut memungkinkan
kita dapat berinteraksi dengan teman-teman kita di Facebook di dalam games
tersebut. Banyaknya games juga didukung oleh diperbolehkannya setiap orang
untuk membuat aplikasi Facebook sendiri.
f.
Notification : memberikan notifikasi kepada
pengguna mengenai update-update terbaru yang berkaitan dengan akun
facebook-nya.
g.
Friend Request : seorang pengguna dapat meminta
kepada pengguna lainnya untuk ditambahkan ke dalam daftar teman facebook-nya
dengan mengirimkan friend request, dan hal tersebut dapat diterima maupun
ditolak.
Ø
Dampak Positif Facebook
a.
Mempererat Hubungan Silaturahmi
b.
Sebagai Media Promosi
c.
Tempat Sarana Diskusi
d.
Tempat Penyimpanan Data Pribadi
e.
Berbagi Informasi
Ø
Dampak Negatif Facebook
a.
Mengganggu Pekerjaan
b.
Interaksi Sosial Berkurang
c.
Dapat Menimbulkan Kesalah pahaman Antar Pengguna
Facebook
d.
Penipuan
e.
Pencurian Identitas
f.
Provokasi
Ø
Komunitas pada Facebook
Pada sosmed facebook ini terdapat banyak
komunitas yang telah terbentuk contohnya seperti Komunitas FIGMANIA. Group ini
terbuka untuk umum dan siapa saja dapat bergabung untuk belajar dan sharing
mengenai Action Figure, Group ini sendiri sudah menjalani sebuah aktivitas
acara yaitu mengadakan Gathring / Kopi darat yang di adakan secara rutin setiap
Event Toys fair.
Gambar Facebook 1.1
1.2. Kaskus
Kaskus
merupakan singkatan dari kasak kusuk ini, merupakan situs suatu forum atau
komuniti dengan anggota terbanyak di Indonesia, dibandingkan dengan situs-situs
lain. Pengguna kaskus itu bisa disebut juga kaskuser. Kaskus lahir pada tanggal
6 November1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald
Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle,
Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus
memiliki lebih dari 4,5 juta pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus umumnya
berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia
maupun di luar Indonesia.
Ø
Fitur pada Kaskus
a.
KasPay
KasPay adalah sistem pembayaran
online yang dikelola oleh PT DARTA MEDIA INDONESIA. Prinsip kerja KasPay seperti e-wallet,
dimana Pengguna terlebih dulu diminta melakukan Top Up realtime atau transfer ke virtual
account, kemudian dana dapat digunakan untuk bertransaksi di situs KASKUS dan situs-situs
Merchant yang telah bekerja sama dengan KasPay.
b.
e-Pulsa
e-pulsa adalah sebuah layanan dari
Kaskus yang menyediakan fasilitas pengisian pulsa dan jika kita mau membeli, kita harus membayar
menggunakan KasPay. Semua layanan operator didukung di Kaskus e-pulsa.
c.
Kaskus Ads
Kaskus Ads atau KAD adalah sebuah
situs di mana jika kita mau beriklan di Kaskus, kita bisa menempatkan iklan tersebut, tetapi
kita harus membayar Kaskus. Dengan layanan Kaskus Ads banyak sekali orang atau pengguna
kaskus yang senang beriklan di Kaskus karena biayanya murah dan karena Kaskus
mempunyai (sekarang) lebih dari tiga juta pengguna.
d.
Kaskus Radio
Kaskus Radio merupakan sebuah Radio
Internet Indonesia di bawah naungan komunitas Kaskus. Kaskus radio yang
biasa disingkat KR memiliki lebih dari dua puluh penyiar. Radio yang memutarkan lagu selama 24 jam ini
memutarkan lagu dari berbagai bahasa, seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, dan masih
banyak lagi.
e.
Kaskus Mobile
Kaskus mobile adalah situs Kaskus yang
sudah diubah tampilannya menjadi minimalis sehingga sesuai dengan layar perangkat telepon
genggam. Alamat Kaskus mobile adalah m.kaskus.co.id atau kask.us. Fitur di versi ini
bersifat terbatas.
Ø
Dampak positif Kaskus
a.
Bebas menyampaikan pendapat : tentu semua orang
dalam forum dapat menyampaikan pendapatnya sendiri baik itu berupa saran,
komentar, pujian, dan perselisihan, cekcok sesama forumer dan lain lain,
namanya saja kan forum tidak jauh dari hal tersebut.
b.
Mempunyai jaringan yang luas : maka dari
sosialisasi tersebut antara forumer satu dan forumer lain akan terciptalah
komunikasi antara keduanya dan itu menjadi awal untuk sebuah jaringan
pertemanan.
c.
Dapat menambah wawasan : tentu dengan saling
berbagi tersebut kita semakin menambah wawasan mengenai suatu hal yang tidak
terlalu kita ketahui karena threadnya semakin up to date.
Ø
Dampak Negatif Kaskus
a.
Jadi ketagihan: Dengan forum kita dibuat
ketagihan.
b.
Terjadi pertikaian: bersiaplah saat membuat
sebuah thread atau post disebuah thread bakal di komentari oleh forumer lain
karena itulah gunanya forum saling menjatuhkan dan saling membenarkan pendapat
sendiri dengan sekuat tenaga.
c.
Pemicu penipuan: untuk yang ini mungkin semua
media internet , dan yang dapat melindungi kita hanyalah diri kita sendiri dari
penipuan tersebut, terutama dalam aktifitas jual beli. Jadi seperti pepatah
harus teliti sebelum membeli.
d.
Siap bertanggung jawab: didalam forum bila kita
memposting sebuah thread kita diharuskan untuk berhati-hati dalam berkata
karena jika tidak kita siap menerima sangsinya.
Ø
Komunitas pada Kaskus
Ø
Kumpulan berbagai ilustrasi yang populer
dipublikasikan